Saturday 10 October 2015

Biografi Minoru Genda

Minoru Genda.jpg
Minoru Genda (源 田 実 Genda Minoru ?, 16 Agustus 1904 - 15 August 1989) adalah seorang terkenal penerbang militer Jepang dan politikus. Dia terkenal karena membantu untuk merencanakan serangan Pearl Harbor. Dia juga adalah Kepala 3 dari Staf Angkatan Udara Bela Diri Jepang.
Kehidupan sebelumnya
Minoru Genda adalah anak kedua dari seorang petani dari Kake, Prefektur Hiroshima, utara kota sebenarnya Hiroshima. Dua bersaudara itu lulusan Universitas Tokyo, saudara yang lain lulus dari Chiba Medical College, dan adik bungsunya masuk Akademi Angkatan Darat. Genda lulus dari Akademi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada tahun 1924 dan kemudian mengambil pelatihan penerbangan selama 11 bulan di 1928-1929, lulus dengan pujian untuk menjadi pilot pesawat tempur.


Dinas militer awal
Genda ditugaskan untuk kapal induk Akagi pada tahun 1931. Ia terkenal di angkatan laut, dan pada tahun 1932 Genda membentuk tim demonstrasi di Yokosuka, memimpin sebuah divisi dari biplanes seluruh negeri, melakukan demonstrasi aerobatic. Dikenal sebagai "Genda Terbang Circus", tim, yang terdiri dari Genda, Yoshita Kobayashi dan Motoharu Okamura, menggunakan Nakajima A2N Jenis 90 pejuang,  adalah bagian dari kampanye PR untuk mempromosikan penerbangan angkatan laut. Ia mendapatkan pengalaman tempur dengan Kedua Gabungan Air Group selama Perang Sino-Jepang Kedua dari musim gugur 1937, adalah instruktur penerbangan senior untuk Yokosuka Air Group pada tahun 1938. Genda menyadari potensi berkumpul kapal induk untuk proyek kekuatan udara. Kebanyakan ahli strategi angkatan laut dan taktik dari waktu dikandung dari operator tunggal meluncurkan serangan pada target musuh, atau berlayar dengan armada untuk memberikan penutup udara terhadap pembom musuh. Genda memahami potensi serangan udara berkumpul diluncurkan dari beberapa kapal induk mengepul bersama-sama.
Advokat kekuatan udara dari waktu ia menghadiri Akademi Angkatan Laut Jepang, Genda mendesak para pemimpin sebelum perang militer Jepang untuk menghentikan pembangunan kapal perang (yang ia percaya akan lebih baik digunakan sebagai "dermaga" atau besi scrap) dan berkonsentrasi pada kapal induk, kapal selam, dan mendukung kapal penjelajah dan kapal perusak cepat. Di atas semua, Genda berpikir bahwa armada udara angkatan laut modern dan besar akan diperlukan untuk kelangsungan hidup jika Jepang pernah berperang dengan Amerika Serikat dan Inggris serta sekutu mereka. Namun, Genda ini peringkat kapten-itu terlalu rendah untuk menjadi banyak pengaruh strategis.


Pearl Harbor dan Perang Dunia II
Rencana serangan Pearl Harbor merupakan gagasan dari Jepang Laksamana Isoroku Yamamoto. Yamamoto memerintahkan sejumlah petugas untuk belajar Pearl Harbor dan menyusun rencana operasional. Laksamana Takijiro Onishi mengumpulkan semua fakta yang relevan yang dapat ditemukan tentang daerah. Setelah ini dilakukan, rencana serangan itu sendiri ditulis terutama oleh Laksamana Ryunosuke Kusaka dengan bantuan dari Kapten Genda dan Wakil Kepala Staf, Kapten Kameto Kuroshima. [4] [5]
Yamamoto telah berkenalan dengan Genda pada tahun 1933 ketika ia menjabat kapal pembawa Ryūjō. Yamamoto awalnya dikandung dari serangan satu arah di Pearl Harbor 500-600 mil (800-970 km) jauhnya. Dalam skema nya, kembali pesawat akan parit di laut lepas Oahu dan pilot akan dijemput oleh kapal perusak dan kapal selam. Yamamoto difokuskan pada smashing Armada Pasifik Amerika Serikat dan tenggelam sebanyak kapal perang mungkin. Doktrin angkatan laut konvensional Amerika dan Jepang menyatakan bahwa kapal perang adalah alat instrumental supremasi angkatan laut, sehingga diyakini bahwa penghancuran beberapa kapal ini akan menggeser keseimbangan kekuatan angkatan laut dalam mendukung Jepang.
Di musim panas 1940 pada usia 36, ​​Genda, beruntung untuk dipilih oleh Departemen Angkatan Laut Jepang untuk bepergian ke luar negeri sebagai atase militer untuk mendapatkan tangan pertama rekening militer serangan udara Jerman dan langkah-langkah defensif Inggris selama Battle of Britain. Penilaiannya dari Royal Air Force (RAF), Hawker Hurricane Mk I dan pejuang Supermarine Spitfire Mk I melawan Jerman Messerschmitt Bf-109E "Emil" kemudian memberikan bukti bahwa Jepang Mitsubishi A6M Zero Model 21 bisa dengan mudah mengatasi manuver pesawat ini Eropa. Rincian direkam dengan hati-hati diam-diam didokumentasikan selama tur singkat di London dan tangan dilakukan oleh Genda selama perjalanan kembali ke Jepang untuk studi departemen angkatan laut. Perjalanan resmi nya sesuai dengan perjanjian angkatan laut Inggris-Jepang otorisasi kunjungan atase militer resmi ke depan perang untuk mengamati dan mendokumentasikan operasi militer. Perjalanan Eropa Genda disediakan menambahkan stimulus untuk studi angkatan laut Jepang strategis dan latihan untuk menemukan kelemahan dan merumuskan taktik yang kemudian digunakan untuk melawan AS
Setelah kembali ke Jepang, ia ditugaskan ke Divisi Pembawa Pertama dan bertemu dengan Yamamoto pada awal Februari 1941, selama waktu Yamamoto disajikan beberapa ide untuk menyerang Armada Pasifik Amerika Serikat. Genda hangat untuk ide-idenya. [6] Genda sebelumnya dianggap sebagai serangan terhadap Pearl Harbor pada tahun 1934 dan telah membahas kemungkinan kemudian dengan Takijiro Onishi. Genda menekankan untuk Yamamoto bahwa "kerahasiaan adalah keynote dan mengejutkan faktor yang sangat penting." [7] Genda merasa bahwa tugas itu "sulit, tetapi bukan tidak mungkin" [8] dan mulai bekerja pada rincian dari rencana. Genda disukai sebuah serangan habis-habisan menggunakan enam kapal induk untuk serangan udara kuat. [9] Genda bertanggung jawab untuk banyak pelatihan, terutama dalam taktik baru air dangkal penggunaan torpedo, penggunaan efektif tingkat-pemboman oleh pesawat taktis , dan mengkoordinasikan beberapa kapal induk secara bersamaan. Ia memainkan peran kunci dalam membujuk pemimpin IJN untuk nama Mitsuo Fuchida, teman sekelasnya di Akademi Angkatan Laut Jepang, sebagai pemimpin serangan udara. [10]Sebagai perwira staf Armada Udara 1 dari April 1941, Genda dibantu Laksamana Nagumo di papan Akagi, sampai dia akhirnya tenggelam di pertempuran Midway
Serangan mendadak di Pearl Harbor mengakibatkan kemenangan miring, dengan 18 kapal perang Amerika tenggelam atau rusak dan lebih dari 180 pesawat Amerika hancur. Armada Jepang utama tidak mengalami kerugian kapal dan 29 pesawat hilang, kerugian bahwa Jepang dianggap dapat diterima. Dalam berikut enam bulan pertama Perang Pasifik unit induk Jepang Imperial berkisar melintasi Pasifik dan Hindia menyebabkan kerusakan besar kepada pasukan Sekutu dan basa. Kemudian, Pertempuran Midway membawa fase ini Perang Pasifik berakhir, empat dari enam operator yang berat Jepang tenggelam. Perang Pasifik tanah selama tiga tahun lebih.
Genda disajikan dengan perbedaan selama Perang Dunia II dan pribadi berpartisipasi dalam pertempuran. Dia adalah mencatat angkatan laut penerbang tempur dan percontohan dengan lebih dari 3.000 jam terbang. Ia mengorganisir unit elit Jepang udara (343 Kokutai) mendekati akhir perang sebagai alternatif untuk unit kamikaze bunuh diri. Genda percaya bahwa bahkan di akhir perang pilot Jepang yang mampu melawan pilot Amerika yang berpengalaman pada istilah yang sama jika dilatih dengan benar dan dilengkapi dengan state-of-the-art pesawat. Dia secara pribadi merasa bahwa Kawanishi N1K2-J Shiden-Kai (Sekutu kode nama, "George") adalah sama dengan Amerika F6F Hellcat dan F4U Corsair. Unit ini memiliki beberapa keberhasilan terhadap pesawat Amerika dan berjuang dengan perbedaan.
Genda didokumentasikan pengalaman Perang Dunia II di sebuah otobiografi mengungkapkan, diterbitkan di Jepang.


Karir politik
Setelah pensiun dari militer pada tahun 1962, ia berlari untuk dan terpilih untuk majelis tinggi parlemen Jepang, Majelis, sebagai anggota Fraksi Sato dalam Partai Demokrat Liberal. Dia adalah yang pertama dari beberapa mantan perwira SDF yang masuk politik di bawah naungan Fraksi Sato, sebagian besar di ujung kanan spektrum politik Jepang. Dia tetap berpengaruh dalam politik selama lebih dari 20 tahun, sebagai anggota terkemuka dari Divisi Pertahanan LDP Urusan Kebijakan Research Council, sering mewakili posisi nasionalis garis keras mendukung pencabutan atau pembatasan Pasal 9 pascaperang Jepang Konstitusi dan remilitarization terbuka pasukan bersenjata. Dia sangat terkenal karena perlawanan sengit, bersama dengan 12 kanan-jauh anggota LDP Diet lainnya, ratifikasi Jepang Traktat Non-Proliferasi Nuklir selama 1974-1976 sidang Diet, dengan alasan bahwa Jepang mungkin suatu hari kebutuhan untuk memperoleh senjata nuklir sendiri.
Genda meninggal pada 15 Agustus 1989, tepat 44 tahun untuk hari setelah Jepang menyerah dalam Perang Dunia II, dan hanya satu hari ulang tahunnya yang ke-85 nya. Ia menikah dan memiliki tiga anak.


Dalam budaya populer
    
Genda menjabat sebagai penasihat teknis uncredited dalam pembuatan tahun 1970 Film Tora Tora Tora. Dalam film ini, peran Genda diperankan oleh Tatsuya Mihashi.

    
Genda diperankan oleh aktor asal Kanada Robert Ito di 1976 Film Midway, dan oleh aktor Jepang-Amerika Cary-Hiroyuki Tagawa di Touchstone Pictures '2001 Film Pearl Harbor.

    
Penulis sejarah alternatif Harry perkutut digunakan Genda sebagai protagonis utama Jepang dalam rekening fiktif tentang invasi Oahu setelah serangan Pearl Harbor di saga dua buku yang terdiri Hari keburukan & Akhir Awal. Pada kenyataannya, Genda tidak menyarankan menyerang Hawaii untuk kedua dapat melancarkan serangan di pulau-pulau terdekat dan membuat Amerika Serikat tidak dapat menggunakan Pearl Harbor di perang, tapi petugas atasannya diberikan ide yang mustahil.

No comments:

Post a Comment